Langsung ke konten utama

Belajar NoSQL Menggunakan MongoDB



                 PENGANTAR DATABASE NOSQL DAN MONGODB



Oleh :
Gusti Adistriani ( 16410100115)


Mata Kuliah : 
Integritas Data

Institut Bisnis dan Informatika 
Stikom Surabaya 
2017 


NO SQL 

           Ketika kita berbicara tentang database, maka pikiran kita langsung tertuju ke perintah “select * from table”, atau Oracle, MySQL dan SQL server. Dua hal diatas adalah database Relasional yang cukup populer ditelinga programer atau mahasiswa IT. Namun Apa itu database NoSQL? Database NoSQL adalah database yang tidak menggunakan realasi antar tabel dan tidak menyimpan data dalam format tabel kaku (kolom yang fix) seperti layaknya Relasional Database.
Pengelompokan database noSQL
Secara umum, database noSQL dibagi menurut format penyimpanan dokmentnya . Berikut ini adalah pengelompokan database noSQL berdasarkan model (penyimpanan) datanya
  1. Document Database contohnya MongoDB, seiap satu object data disimpan dalam satu dokumen. Dokumen sendiri bisa terdiri dari key-value, dan value sendiri bisa berupa array atau key-value bertingkat.
  2. Graph , Format penyimpanan data dalam struktur graph. Format ini sering dipakai untuk data yang saling berhubungan seperti jejaring social. Contoh database noSQL dengan format ini adalah Neo4J dan FlockDB. FlockDB dipakai oleh twitter.
  3. Key – Value,  contoh database jenis ini adalah Apache Cassandra.
  4. Object Database. Format database yang disimpan dalam object object, Object disini sama dengan pengertian object di Pemrograman beroreintasi object , Contoh databasenya adalah Db4o.
  5. Tipe lainnya adalah tabular, tuple store dan berbagai jenis lain yang tidak terlalu populer.
Kelebihan NoSQL di banding Relasional Database
  1. NoSQL bisa menampung data yang terstruktur, semi terstruktur dan tidak terstuktur secara efesien dalam skala besar (big data/cloud).
  2. Menggunakan OOP dalam pengaksesan atau manipulasi datanya.
  3. NoSQL tidak mengenal schema tabel yang kaku dengan format data yang kaku. NoSQL sangat cocok untuk data yang tidak terstruktur, istilah singkat untuk fitur ini adalah Dynamic Schema.
  4. Autosharding, istilah sederhananya, jika database noSQL di jalankandi cluster server (multiple server) maka data akan tersebar secara otomatis dan merata keseluruh server.
Kekurangan dari database NoSQL sendiri , minimal bagi saya adalah Hostingnya mahal. beberapa layanan di luar negeri mencharge biaya 100-200USD untuk hosting database noSQL. Selain itu, saya belum pernah menemukan hosting Cpanel yang mendukung database MongoDB atau database noSQL lainnya.
Selain itu, karena bervariasinya produk dan format penyimpanan, berpindah antar satu produk database ke produk noSQL lainnya perlu waktu untuk belajar. Contohnya ketika anda pindah dari MongoDB ke Cassandra, maka anda harus belajar lagi dari awal, berbeda dengan database RDMS.

PENGANTAR MONGODB

MongoDB adalah salah satu produk database noSQL  OPEN SOURCE yang menggunakan struktur data JSON untuk menyimpan datanya. MongoDB adalah salah satu database noSQL yang paling populer di internet. MongoDB sering dipakai untuk aplikasi berbasis Cloud, Grid Computing, atau Big Data.
Terminologi dan konsep MongoDB 
berikut ini adalah terminologi dan konsep yang perlu anda tahu di MongoDB, untuk memudahkan anda, maka akan saya buat tabel perbandingan dengan konsep yang ada di SQL database.
Istilah RDBMS
Istilah Mongo
 database
 database
 table
 Collection
 row
 Document atau BSON document
 kolom
 Field
 index
 index
 table join
 embeded document dan link
 Primary key*
 Primary Key
Untuk primary key, walaupun penamaan istilahnya sama, namun dalam sisi implementasi sangat berbeda. Primary key di RDBMS adalah kolom unik di tabel yang didefinisikan sendiri oleh user . MongoDB secara otomatis membuatkan primary key di field _id dan akan terisi secara otomatis
Pemakai MongoDB
MongoDB telah dipakai oleh perusahaan besar seperti SourceForge.net, CodeAcademy, FourSquare dan Craiglist.

Cara Instal MongoDB Pada OS Windows

Dalam postingan ini saya menggunakan sistem operasi windows 10 64 bit untuk menginstall mongoDB versi 2.6.4. anda bisa mendapatkan file installer untuk sistem operasi widnwos pada webiste resmi mongodb.com. setelah selesai proses download silahkan double click pada file installer dan ikuti proses instalasi sebagai berikut :
step1-welcome-mongodb step4-ready-to-install-mongo-db silahkan klik Install untuk melanjutkan proses install MongoDB pada OS Windows step1-setu-type-mongodb Pilih custom untuk menentukan lokasi installasi mongoDB secara manual step3-destination-folder Silahkan pilih partisi C atau partisi lain yang akan menjadi lokasi kita melakukan instalasi MongoDB pada sistem operasi windows, selanjutnya buatlah sebuah folder baru dengan nama mongodb dan pilihlah folder ini sebagai tujuan instalasi seperti gamabr diatas, kemudian klik OK untuk melanjutkan instalasi mongoDB step5-istall-mongodb Silahkan Tunggu sejenak sampai proses instalasi mongoDB selesai, biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 menit
step6-finish-install-mongodb Klik finish untuk mengakhiri proses instalasi MongoDB, sampai pada tahap ini anda sudah berhasil melakukan proses instalasi mongoDB pada OS Windows.

Menjalankan Server Mogodb

Setelah tahap instalasi selesai maka kita akan mencoba menggunakan nya, langkah yang pertama harus anda lakukan adalah buka CMD kemudian masuk ke lokasi/ path mongoDB yang ada pad direktori C:\mongodb\bin dan mengaktifkan server mongoDB dengan cara :
1
mongod.exe --dbpath=c:\mongodb\data
jika berhasil maka akan muncul pesan waiting for connection seperti dibawah ini : mongod-listen

Membuat Service MongoDB

pertanyaan selanjutnya adalah apakah anda harus melakukan perintah menjalankan mongoDB secara manual setiap ingin digunakan ? tentunya tidak, kita bisa membuat sebuah service yang membantu kita dalam mengelola proses dari mongoDB itu sendiri, dan kita bisa mengatur service yang sudah dibuat agar dijalankan otomatis ketika komputer di gunakan melalui service manager. cara membuat service mongodb adalah sebagai berikut :
1
mongod.exe –install –journal –logpath c:\mongodb\ mongo.log dbpath=c:\mongodb\data
create service ketika install mongodb lalu silahkan restart komputer/ PC anda setelah proses pembuatan service berhasil.

Management Service MongoDB Pada OS Windows

seperti layaknya service pada sistem operasi windows, kita juga bisa melakukan management service MogonDB baik melalui CMD ataupun Service Manager Windows. berikut ini adalah cara melakukan management service MongoDB melalui CMD pada sistem operasi Windows.
Merunning/ mengaktifkan service mongoDB
1
net start mongodb
start-service-mongodb Mengstop/ menghentikan service MongoDB
1
net stop mongodb
Merestart service MongoDB
1
C:\monogdb\mongod.exe --remove
sampai pada tahap ini anda sudah berhasil menginstall MongoDB pada sistem operasi windows, pada artikel selanjutnya kita akan belajar cara melakukan management database menggunakan MongoDB.

MEMBUAT DATABASE
dalam part ini kita akah memberi tutorial untuk membuat sebuah dataase:

Penggunaan Command

MongoDB menggunakan use DATABASE_NAME  untuk format database yang telah dibuat. command ini akan membuat sebuah databas yang baru, dilain sisi, comand ini tidak akan berguna jika sebelum nya telah menggunakan database dengan format DATABASE_NAME

Syntax

use DATABASE_NAME

Example

jika kamu ingin membuat database dengan nama <mydb>, gunakan lah syntac use, kemudian diikuti nama database nya
>use mydb
switched to db mydb
untuk mengecek databse yang sudah pernah kita buat :
>db
mydb
jika kamu ingin melihat database apasaja yang terlist di komputer kita :
>show dbs
local     0.78125GB
test      0.23012GB
Your created database (mydb) is not present in list. To display database, you need to insert at least one document into it.
>db.movie.insert({"name":"tutorials point"})
>show dbs
local      0.78125GB
mydb       0.23012GB
test       0.23012GB


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Setelah dimiliki, tak indah lagi.

Yang tinggal di gunung merindukan pantai. Yang tinggal di pantai merindukan gunung. Di musim kemarau merindukan musim hujan. Di musim hujan merindukan musim kemarau. Yang berambut hitam mengagumi yang pirang. Yang berambut pirang mengagumi yang hitam. Diam di rumah merindukan bepergian. Setelah bepergian merindukan rumah. Ketika masih jadi karyawan ingin jadi Entrepreneur supaya punya time freedom... Begitu jadi Entrepreneur ingin jadi karyawan, biar gak pusing... Waktu tenang mencari keramaian. Waktu ramai mencari ketenangan. Saat masih bujangan, pengin punya suami ganteng/istri cantik. Begitu sudah dapat suami ganteng/istri cantik, pengin yang biasa2 saja, bikin cemburu aja/ takut selingkuh.. Punya anak satu mendambakan banyak anak. Punya banyak anak mendambakan satu anak saja. Kita tidak pernah bahagia sebab segala sesuatu tampak indah hanya sebelum dimiliki. Namun setelah dimiliki tak indah lagi. Kapankah kebahagiaan akan didapatkan kalau kita hanya selalu memi